Rabu, 09 Maret 2016

Cara Mengetahui Komputer Terpasang Keylogger

Cara Mengetahui Komputer Terpasang Keylogger

Artikel ini saya buat karena masih banyaknya user yang teledor dan kurang berhati-hati dalam aktivitasnya yang berhubungan dengan komputer. Sebagaimana kita ketahui, komputer telah menjadi teman dalam setiap aktivitas misalnya bekerja, bergaul, termasuk untuk urusan yang berhubungan dengan uang. Sangat penting bagi setiap orang untuk bersikap hati-hati, khususnya jika menggunakan komputer publik (biasanya di warnet). Apabila ketidakhati-hatian ini diremehkan, bukan tidak mungkin, akun situs jejaring sosial anda bisa berpindah tangan dan disalah gunakan, namum yang paling berbahaya adalah jika username dan password rekening anda diketahui orang lain.

Salah satu cara yang banyak digunakan untuk mengambil akun orang lain adalah dengan menanamkan keylogger di komputer publik. Keylogger adalah sebuah perangkat lunak yang mampu mencatat setiap ketikan di keyboard, bahkan mampu mengambil dan menyimpan screenshoot dari komputer yang digunakan.

Jadi sebelum anda menggunakan komputer publik, ada baiknya mengetahui cara apakah komputernya terpasang keylogger atau tidak. Sangat mudah dan tidak merepotkan, silakan ikuti panduannya dibawah ini

Cara Mengetahui Komputer Terpasang Keylogger
Buka jendela Command Prompt. Gunakan kombinasi tombol Windows + R, lalu ketikkan cmd
Di Jendela Command Prompt. Secara Default, anda berada di Drive C. Ketikkan Dir lalu enter. Perintah Dir adalah perintah untuk menampilkan isi suatu drive, termasuk menampilkan jumlah memori yang tersisa pada drive tersebut. Disinilah yang perlu anda perhatikan. Catatlah jumlah memori yang tersisa pada kertas. Tutup jendela Command Prompt
Buka Notepad. Gunakan kombinasi tombol Windows + R, lalu ketikkan notepad. ketikkan apa saja di notepad tersebut, tapi jangan disimpan filenya.
Ulangi langkah ke 2. Perhatikan jumlah memori yang tersisa. Jika jumlahnya sama dengan yang anda catat, maka komputer tersebut aman dari keylogger.

Selamat mencoba dan selalu waspada........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar